23 Oktober 2020

Cara Menghindari Jet Lag Saat Perjalanan

Astro Morea - Terlalu lelah untuk pergi ke pertemuan ketika Anda tiba di tempat tujuan atau lebih buruk - terlalu lelah untuk menikmati liburan Anda? Jet lag adalah efek melintasi satu atau lebih zona waktu dengan sangat cepat, biasanya dengan pesawat. Jadi, jika Anda sering bepergian untuk bisnis atau merencanakan liburan, informasi ini akan sangat berharga bagi Anda. Karena untuk mendapatkan hasil maksimal dari perjalanan Anda, Anda membutuhkan tidur yang lebih nyenyak dan tingkat energi yang lebih tinggi.

Jet lag terjadi karena ritme suhu tubuh kita tidak menyesuaikan dengan zona waktu baru secepat yang kita inginkan. Kapanpun Anda bepergian ke Timur, Anda dipaksa untuk tidur saat Anda tidak mengantuk. Setiap kali Anda bepergian ke Barat, Anda mengalami perasaan kantuk dan kelelahan lebih awal daripada orang lain.

Jika Anda merencanakan liburan panjang dan ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin menikmatinya daripada kelaparan untuk tidur, atau mencoba memaksakan tidur malam, lakukan tindakan pencegahan berikut untuk mengatur jam tidur Anda untuk perjalanan jauh sebelumnya:

Minum Air yang Cukup

Jika Anda terbang dengan pesawat selama 8 jam, Anda akan kehilangan banyak air. Anda mungkin memperhatikan bahwa bibir Anda menjadi sangat kering selama penerbangan jarak jauh. Ini karena tidak ada kelembaban di dalam pesawat! Dan ini berarti bahwa air benar-benar menguap keluar dari Anda seolah-olah Anda adalah genangan air dingin di hari musim panas!

Minum banyak air putih saat tiba di tempat tujuan baru dan tidak berhenti minum sepanjang hari akan langsung melembabkan tubuh Anda. Dan itu akan membuat penyesuaian ke zona waktu baru lebih mudah bagi Anda.

Anda juga disarankan untuk membawa botol air ke dalam pesawat. Paket air 100ml kecil yang mereka berikan di pesawat tidak akan menghidrasi Anda!

Atur Jadwal Perjalanan dengan baik

Strategi terbaik untuk melintasi banyak zona adalah mulai mengubah jadwal tidur Anda beberapa hari sebelum perjalanan. Misalnya, jika Anda bepergian dari Los Angeles ke Hawaii, mulai bangun dan tidur lebih awal secara bertahap 3 hingga 4 hari sebelumnya, ini akan meminimalkan efek jet lag saat Anda tiba di tempat tujuan. Sesuaikan diet dan paparan cahaya Anda seolah-olah Anda sudah berada di sana dan berpegang pada jadwal.

Tidur dengan Teratur

Sesampainya di tempat tujuan, segera sesuaikan jadwal tidur Anda dengan zona waktu setempat. Misalnya, jika Anda tiba pada jam 3 sore. dan Anda merasa lelah dan mengantuk, jangan tidur! Tunggu dan pergi tidur pada waktu biasa. Ini akan memberi tekanan lebih pada ritme suhu tubuh Anda untuk beradaptasi dengan waktu setempat. Jika Anda mencoba menyesuaikan secara bertahap, itu akan memakan waktu lebih lama dan membuat liburan Anda kurang menyenangkan!

Menggunakan 3 metode sederhana ini akan meminimalkan efek jet lag yang Anda alami, dan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan perjalanan Anda! Jika Anda masih merasa sangat lelah dan kehabisan energi selama liburan, ambillah 10-45 tidur siang singkat untuk memulihkan energi Anda.

Posted on by Blogger User in